Kesalahan Saat Edit Foto Produk yang Bisa Menghambat Bisnismu

Produk sudah oke, Sosial media sudah jalan, Website sudah siap, tapi foto produk nggak HD atau malah belum punya foto produk. Beberapa kesalahan saat edit foto produk bisa berdampak besar pada  perkembangan bisnismu.

Memang kedengarannya sepele, tapi hal “sepele” ini  nggak boleh diabaikan. Kalau mau bisnismu berkembang, ayo belajar perbaiki kesalahan saat edit foto produk agar bisnis mu makin oke.

1. Pencahayaan yang Kurang Oke

Kesalahan saat edit foto produk pertama ada di lighting atau pencahayaan. Kalau pencahayaan untuk foto produk kurang, maka akan mengganggu warna dan detail foto produk kamu.

Untuk mengatasinya kamu bisa  pakai background warna putih matte yang berwarna netral. Didukung lighting dan latar yang bersih. Nggak perlu mahal, kamu bisa pakai karton putih, dinding ruangan, atau kain tanpa tekstur.

2. Foto Produk Kurang Fokus

Bukan cuma chat sama gebetan yang butuh perhatian dan fokus, foto produk mu juga butuh itu. Caranya gampang kok. Cukup jangan terburu-buru saat take foto produk. Pelan-pelan saja asalkan hasilnya memuaskan.

Kesalahan saat edit foto produk ini bisa diminimalisir dengan memastikan lensa kamera selalu bersih, dan produk mu sebagai bintang dari set foto produk mu. Jika kamu sudah salah dari awal take foto produk, maka proses edit nanti juga salah.

3. Angle atau Sudut yang Buruk

Kesalahan saat edit foto produk ini akan berdampak pada keunggulan produk mu yang akan sulit ditangkap oleh audiens. Audiens pun akan malas dan kurang percaya akan produk dari bisnismu.

Pastikan sudut foto produk yang kamu ambil sudah di ratio yang tepat, jangan terlalu ke kiri atau ke kanan. Produk adalah bintangnya, jadi tonjolkan keunggulannya. Jangan sampai fokus ke audiens terbelah ke hal lain.

4. Watermark dan Ornamen yang Mengganggu

Watermark dan ornamen memang akan sangat membantu foto produk mu agar terlihat menarik. Watermark juga bisa memberikan identitas agar foto produkmu tidak diambil oleh pesaing bisnis mu.

Tapi seperti yang kita tahu, sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Watermark dan ornamen bisa menjadi kesalahan saat edit foto produk jika terlalu banyak dan mengganggu. Jadi gunakan secukupnya saja yaa.

5. Berlebihan Pada Bagian Editing

Kesalahan saat edit foto produk terakhir ini cenderung diabaikan oleh editor. Nggak salah kalau kamu ingin yang terbaik untuk foto produk mu. Tapi harus diingat, foto produk yang baik itu adalah yang masih bisa terlihat natural walau sudah diedit.

Nah, itu dia 5 kesalahan saat edit foto produk yang harus kamu hindari kalau kamu ingin bisnismu berkembang. Jangan anggap sepele kesalahan di atas yaa!. Pelajari lebih jauh tentang bisnis dan fotografi di Kubus yuk.